Featured Posts

Latest Posts

0

Cara Kerja Minyak Ikan untuk Menurunkan Berat Badan

Filled under : Kesehatan

Selain memberikan banyak manfaat untuk kesehatan, minyak ikan juga bisa digunakan untuk menurunkan berat badan.
Memilih minyak ikan yang berkualitas tinggi merupakan hal penting agar terhindar dari mengonsumsi minyak ikan tengik atau minyak ikan yang mengandung banyak merkuri.
Namun harus diingat, menggunakan suplemen minyak ikan sebagai salah satu cara menurunkan berat badan tetap memerlukan waktu.
Dosis yang Dianjurkan
Dosis minyak ikan yang dianjurkan untuk menurunkan berat badan adalah 6 gr/hari.
Kebanyakan suplemen minyak ikan yang tersedia di pasaran biasanya memiliki dosis 1.000 mg (1 gr), sehingga dibutuhkan 6 kapsul/hari untuk mencapai dosis yang dianjurkan.
Di bawah ini akan diuraikan bagaimana cara kerja minyak ikan dalam membantu menurunkan berat badan:
1. Olahraga
American Journal of Clinical Nutrition menyatakan bahwa dosis harian minyak yang mengandung asam lemak omega-3, dikombinasikan dengan olahraga ringan seperti berjalan kaki selama 45 menit, dapat menghasikan penurunan berat badan yang signifikan.
2. Aliran Darah ke Otot
Sebuah studi oleh University of South Australia menunjukkan bahwa bila dikombinasikan dengan diet yang kalorinya dihitung dan peningkatan olahraga, efek minyak ikan pada penurunan berat badan bisa terbukti.
Asam lemak omega-3 dari minyak ikan dapat meningkatkan aliran darah ke otot-otot selama olahraga dan membantu merangsang enzim yang mengangkut lemak agar bisa digunakan sebagai energi.
3. Mengontrol Nafsu Makan
Minyak ikan membantu mengatur hormon leptin yang dihasilkan oleh sel lemak. Hormon ini mengendalikan nafsu makan, sehingga membakar timbunan lemak yang disimpan dalam jaringan adiposa.
4. Meningkatkan Thermogenesis
Minyak ikan memiliki kualitas yang unik untuk meningkatkan thermogenesis, yaitu pembakaran kelebihan lemak untuk menghasilkan panas.
Jika thermogenesis meningkat maka akan mempercepat metabolisme dengan sedikit meningkatkan suhu tubuh.
Kondisi ini akan menyebabkan peningkatan pembakaran kalori sehingga mengurangi penumpukan lemak, yang pada akhirnya akan menurunkan berat badan.
Meskipun minyak ikan memiliki banyak manfaat kesehatan, tapi minyak ikan bukan sihir. Oleh karena itu konsumsi minyak ikan harus dibarengi dengan olahraga yang tepat dan diet sehat.
Efek Samping Minyak Ikan
Selain banyak manfaat baik untuk kesehatan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi suplemen minyak ikan.
Misalnya saja bagi orang yang akan menjalani prosedur operasi, tidak disarankan untuk mengambil suplemen minyak ikan karena minyak ikan menurunkan kemampuan pembekuan darah.
Efek samping minyak ikan lain yang ringan diantaranya adalah sakit atau nyeri perut, diare, peningkatan gas perut, mulas, refluks asam, gangguan pencernaan, dan merasakan sensasi amis saat bersendawa.
Untuk menurunkan efek samping pada saluran pencernaan, sebaiknya mengonsumsi suplemen minyak ikan dengan makanan dan bertahap dalam meningkatkan dosis asupan.
Anda juga bisa memilih suplemen minyak ikan dengan rasa lemon untuk menghilangkan sensasi amis saat bersendawa.

Sumber Info

Bookmark and Share

Story by a'an

Tags: Kesehatan

0 komentar

Leave a reply

  • Recent Post

  • Recent Comments